Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pemerintah Provinsi Gorontalo mengadakan Bazar Ramadhan di galeri BI di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Bazar Ramadhan tahun ini diikuti oleh 150 UMKM binaan Bank Indonesia Gorontalo," ucap Kepala KPw Bank Indonesia Gorontalo Dian Nugraha usai pembukaan di Kota Gorontalo, Sabtu.

Ia menjelaskan, pada bazar itu pelaku UMKM menghadirkan berbagai jenis produk mulai dari olahan pangan, kerajinan tangan, fesyen hingga takjil.

Kegiatan itu kata Dian menjadi salah satu upaya dalam pengembangan UMKM di Provinsi Gorontalo yaitu sebagai media promosi, media untuk meningkatkan omzet, dan diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Bazar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Indonesia Sharia Economic Festival 2024.," kata dia.

Bazar Ramadhan tersebut dimulai pada tanggal 16 Maret hingga 4 April 2024 dan menampilkan 150 UMKM. Pada tahun 2023 lalu UMKM yang terlibat sebanyak 100 UMKM dengan jumlah transaksi sebesar Rp774.430.000 dan pengunjung sebanyak 3.103 pengunjung.

"Kami berharap semoga kegiatan tahun ini berjalan lebih baik dan berlangsung secara berkelanjutan sehingga dapat dilaksanakan setiap tahun pada masa yang akan datang," harap Dian Nugraha.

Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu 'Indahnya Kebersamaan Ramadhan', dengan harapan dapat meningkatkan momen kebersamaan masyarakat Gorontalo pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah.
Calon pembeli melihat kain sulam karawo pada Bazar Ramadhan tahun 2024 di galeri Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (16/3/2024). Bank Indonesia Gorontalo membuka Bazar Ramadhan yang menjual produk lokal 150 pelaku UMKM mulai dari takjil, olahan pangan, fesyen dan kerajinan tangan yang diselenggarakan mulai 16 Maret hingga 4 April 2024. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024