Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo membuka layanan penukaran uang layak edar dengan menggunakan mobil kas keliling di Taman Telaga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Petugas Administrasi Perkasan BI Gorontalo Mohammad Riyanto Gobel di Gorontalo, Selasa, mengatakan pihaknya membuka layanan bagi 100 warga yang telah mendaftar melalui link Pintar.BI.Go.Id.

"Untuk hari ini Alhamdulillah secara kuota sudah terisi penuh sebanyak 100 penukar dan tadi kita sudah melayani kurang lebih 94 penukar jadi masih ada enam penukar lagi yang belum datang," ucap dia.

Ia mengungkapkan, untuk melayani kebutuhan uang layak edar dan uang pecahan kecil hari ini, BI menyediakan modal sebanyak jumlah yang mendaftarkan diri yaitu Rp205 juta.

"Adapun yang ingin menukarkan uang, syaratnya adalah dia wajib atau sudah terdaftar melalui aplikasi Pintar kemudian membawa KTP serta membawa uang tunai pastinya," kata dia.

Setiap warga dapat menukarkan uang hingga Rp4 juta, yang terdiri dari pecahan Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000.

"Untuk masyarakat yang tidak mendaftar, kami tidak bisa janji untuk bisa kami layani sebab kami memprioritaskan kepada masyarakat yang sudah lebih dulu mendaftar melalui aplikasi Pintar," ungkapnya.

Selain menukarkan layanan mobil keliling Bank Indonesia, masyarakat juga bisa menukarkan di perbankan yang membuka layanan di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

"Perbedaan nya masyarakat kalau di perbankan tidak berkewajiban mendaftar di aplikasi Pintar, selama persediaan modal kerja Bank itu masih ada," ia menambahkan.
Seorang warga menukarkan uang di mobil layanan keliling di Taman Telaga, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (19/3/2024). Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo membuka layanan penukaran uang layak edar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah, maksimal penukaran hingga Rp4 juta/orang dengan pecahan Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024