Kantor Imigrasi Gorontalo, unit pelaksana teknis (UPT) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo tetap mengawasi warga negara asing dan memberikan pelayanan keimigrasian selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Friece Sumolang di Gorontalo, Selasa mengatakan tugas dan fungsi keimigrasian terus dilakukan sebagai salah satu pelayanan publik.

"Seperti pemberian paspor juga terkait dengan penegakan hukum dan keamanan," ucap Friece.

Ia menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, Imigrasi Gorontalo gencar melakukan penegakan hukum keimigrasian terkait tindakan administratif kepada sejumlah WNA.

"Kami juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat serta banyak kebijakan kepada investor untuk menanamkan modal ke Indonesia untuk peningkatan perekonomian," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Gorontalo Iwan Irawan menambahkan, Imigrasi Gorontalo merupakan unit pelaksana teknis yang membawahi satu kota dan lima kabupaten di Provinsi Gorontalo.

"Kami menjalankan tugas keimigrasian yaitu pelayanan terhadap WNI ataupun WNA," ucap dia.

Iwan mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk menjalan tugas dalam keamanan dan penegakan hukum, serta fasilitas atau pembangunan keimigrasian.

"Kami pun melakukan pengawasan orang asing yang melakukan penyalahgunaan izin tinggal, dan jika ada kami tindak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku," kata dia.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024