Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sejak sepakn terakhir ini, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran Gorontalo, mengalami penurunan akibat stok yang melimpah.

Pantauan ANTARA, kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga seperti cabai Merah, Tomat, Bawang Merah dan Bawang Putih, Beras dan Jagung.

Warni, salah seorang pedagang di pasar sentral Kota Gorontalo, Kamis, mengatakan sudah beberapa hari terakhir ini, harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami penurunan baik dari petani maupun distributor.

Dia mengungkapkan, saat ini harga cabai Merah turun dari Rp36ribu/kilogram menjadi Rp30ribu/kilogram, sedangkan tomat turun menjadi Rp7ribu dari Rp10ribu/kilogramnya.

Sementara itu, Rohmat, pedagang bumbu di pasar Limboto mengatakan harga Bawang Merah dan Bawang Putih kini turun setelah pada bulan kemarin sempat melonjak.

Sekarang harga bawang putih turun menjadi Rp40ribu/kilogram dari harga sebelumnya Rp46ribu/kilogram, sedangkan harga bawang merah yang sebelumnya Rp56ribu menjadi Rp50ribu/kilogram.

Sementara itu harga beras untuk berbagai jenis juga mengalami penurunan, jika sebelumnya dijual pada kisaran Rp530 per koli saat ini turun menjadi Rp500 ribu bahkan Rp480 ribu per koli.

Untuk jagung saat ini harga juga terus mengalami penurunan akibat stok yang melimpah, jika sebelumnnya sempat dijual Rp7000 per kg, sekarang turun menjadi Rp4500 per kilo.

Sejumlah pedagang mengatakan, penurunan harga bumbu masak tidak akan lama karena bulan Ramadhan tinggal beberapa minggu lagi dan pada saat itu, biasanya harga akan kembali naik.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016