Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Sosial Provinsi Gorontalo mengkhawatirkan gelandangan dan pengemis di daerah tersebut dieksploitasi oleh oknum tertentu.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Prawoto di Gorontalo, menyebutkan bahwa saat ini jumlah gelandangan dan pengemis di sejumlah tempat sudah semakin banyak.

Para gelandangan dan pengemis tersebut dapat ditemui di beberapa tempat, khususnya Kota Gorontalo, dan hal itu sebagai kondisi yang mengkhawatirkan.

"Aktivitas gelandangan dan pengemis seperti ini harus ditertibkan demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Prawoto.

Jika kondisi mereka terus dibiarkan, katanya, dikhawatirkan aktivitas para gelandangan dan pengemis itu akan mengarah pada tindak kriminal, seperti yang terjadi di sejumlah kota besar.

Selain itu, para gelandangan dan pengemis tersebut dikhawatirkan telah dieksploitasi oleh oknum tertentu demi kepentingan pribadi.

"Memang kita belum bisa membuktikan bahwa para gelandangan dan pengemis itu telah dimanfaatkan oleh oknum tertentu, namun tanda-tandanya sudah ada," katanya.

Ia mengatakan tanda-tanda bahwa mereka dieksploitas oleh oknum tertentu, antara lain karena banyak pengemis yang masih di bawah umur dan setelah ditelusuri ternyata mereka memiliki majikan.  

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013