Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung petani dalam menggarap lahannya.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Gorontalo Utara Asrin Menu di Gorontalo, Senin mengatakan bantuan tersebut berupa pompa air, traktor tangan dan traktor roda empat yang diperuntukkan bagi antisipasi darurat pangan nasional.
 
"Alhamdulillah daerah ini mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian dalam rangka antisipasi darurat pangan nasional," kata Asrin.
 
Ia mengatakan di setiap provinsi dan kabupaten, pengelolaan bantuan tersebut ada penanggungjawab-nya. Untuk Provinsi Gorontalo, Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. drh. Agus Susanto menjadi penanggungjawab.
 
Sementara untuk penanggungjawab di daerah ini, termasuk Kabupaten Boalemo, adalah Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari.
 
Asrin menjelaskan bantuan tersebut sebelumnya melalui tahapan usulan dari pemerintah daerah melalui dinas tersebut, dan memang dimaksudkan untuk kegiatan antisipasi darurat pangan.
 
"Daerah kita mengusulkan lahan-lahan pertanian yang tidak ter-olah, baik itu lahan padi atau lahan sawah dan lahan kering untuk dapat diolah menggunakan bantuan alsintan agar daerah bisa mencapai swasembada beras," katanya.
 
Bantuan yang disalurkan Kementerian Pertanian tersebut yaitu pompa air sebanyak 50 unit, traktor tangan 15 unit dan traktor roda empat 10 unit.
 
Seluruh alsintan diharapkan dapat mengoptimalkan lahan-lahan pertanian untuk bisa meningkatkan produksi khususnya padi.
 
Bantuan juga diyakini semakin memudahkan petani dalam kegiatan pertanian karena telah menggunakan teknologi maju.
 
Pihaknya telah mengusulkan calon penerima khusus untuk bantuan pompa air, sedangkan untuk alsintan diatur sesuai peraturan daerah terkait Brigade Alsintan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024