Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Pusat (BPS) Provinsi Gorontalo mulai melakukan pendataan lapangan dalam rangka Sensus Ekonomi yang digelar 1-31 Mei 2016.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo Eko Marsoro di Gorontalo, Selasa, mengatakan sensus ekonomi bermaksud untuk melihat dan mengukur perkembangan ekonomi, bila dibandingkan dengan kondisi sepuluh tahun lalu.

"Sensus ekonomi terakhir yaitu tahun 2006, sehingga perlu ada data terbaru untuk menggambarkan kondisi ekonomi saat ini," ujarnya usai melakukan pendataan di rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Seribu petugas akan mengumpulkan sejumlah data dari 130 usaha yang tersebar di Provinsi Gorontalo.

Sensus itu akan berlangsung dalam dua tahap, untuk tahap pertama tahun 2016 sebatas mengumpulkan data usaha ekonomi rumah tangga.

Sedangkan tahap kedua akan dilakukan tahun 2017, yakni pendalaman dan analisa data sebelum diluncurkan tahun 2018.

Ia menjelaskan di awal pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 pihaknya sengaja melakukan pendataan kepada rumah tangga para pimpinan daerah, dengan harapan akan menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat dalam mensukseskan Sensus Ekonomi.

"Kami berharap semua kepala daerah dan pemilik usaha bisa membantu pendataan oleh petugas," imbuhnya.

Wagub Gorontalo Idris Rahim juga mengimbau masyarakat untuk memberikan informasi dan data usaha yang akurat kepada petugas yang datang.

"Karena hasil sensus ini akan menjadi potret ekonomi Provinsi Gorontalo, sekaligus menjadi bahan perencanaan dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Selain itu, wagub menilai data hasil Sensus Ekonomi dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis, sekaligus menjadi bahan evaluasi dalam memanfaatkan peluang investasi.

Dalam Sensus Ekonomi 2016, pendataan dilakukan terhadap seluruh usaha/perusahaan non pertanian dan pelaku usaha.

Jenis usaha yang akan didata diantaranya sektor pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, pengadaan air, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, konstruksi hingga jasa perorangan yang melayani rumah tangga.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016