Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan Rp1,4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk Bonebol Creative Hub di tempat ekonomi kreatif di daerah ini.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango Yudiawan Maksum, Kamis, mengatakan tempat pemanfaatan bantuan dari Kemenparekraf adalah objek wisata Lombongo.

"Karena syarat dari Kemenparekraf, untuk daerah-daerah yang mendapatkan kabupaten/kota kreatif diberikan apresiasi tugas pembantu," ujar Yudiawan.

Ia menjelaskan, objek wisata Lombongo adalah destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bone Bolango dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat.

"Pada tahun 2017 kita sudah membuat studi kelayakan terhadap bagaimana membangun kawasan destinasi wisata pemandian Lombongo lebih berkualitas," kata dia lagi.

Perancangan bangunan dan manajemen perlahan mulai dibenahi dengan bukti pengalokasian anggaran yang bersumber dari dana pemulihan ekonomi di tahun 2021 yang pelaksanaannya pada tahun 2022 dengan membangun foodcourt, dan perbaikan jalan, spa dan sauna.

Sarana dan prasarana yang ada di wisata Lombongo saat ini, kata dia, antara lain kolam renang, kamar mandi, kamar ganti, foodcourt, kolam renang khusus lomba spa, sauna dan lahan parkir yang sudah cukup memadai serta wahana-wahana lainnya.

Dia menambahkan, masih ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi seperti kolam renang, atraksi-atraksi masih kurang, dan untuk kamar mandi masih perlu perawatan.

Ia pun berharap fasilitas-fasilitas yang perlu dibenahi maupun perawatan mendapatkan sentuhan dari pihak lain.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024