Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa memimpin ratusan anak untuk mendoakan Yuyun, siswi SMP yang meninggal akibat diperkosa 14 laki-laki.

Doa bersama itu dilakukan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mu`allaf Al Hijrah, Kelurahan Tuladenggi, Kota Gorontalo, Rabu.

"Saya ingin adik-adik ikut mendoakan ananda Yuyun. Allah memberikan ujian kepada Yuyun dan keluarganya, semoga mereka diberi kekuatan dan ketabahan," ujar Khofifah, lalu membacakan Surat Al-Fatihah.

Mensos juga meminta seluruh masyarakat berdoa agar kasus yang dialami Yuyun, tidak lagi menimpa anak-anak di Indonesia.

Menurutnya pemerkosaan massal yang terjadi pada Yuyun, terindikasi akibat pelaku minum minuman keras.

"Juga kasus yang dialami anak di Duren Sawit itu indikasinya narkoba. Saat ada eksploitasi anak di Jakarta, indikasinya juga narkoba. Penyebabnya sebenarnya sudah diketahui, sehingga ini yang harus dijauhkan dari anak-anak," ujarnya.

Minuman keras dan narkoba, kata dia, menjadi racun utama bagi perkembangan anak-anak karena menimbulkan ketidakstabilan emosi.

Ketidakstabilan emosi tersebut memicu perilaku yang melawan hukum, sehingga yang harus diperangi adalah akar masalahnya yakni minuman keras dan narkoba.

Khofifah meminta pelaku dihukum seberat-beratnya. Ia menyebut dalam regulasi sudah ada sanksi maksimum, namun seringkali tidak digunakan hakim dalam mengambil putusan terhadap kasus-kasus pemerkosaan.

"Termasuk di dalamnya pemerkosaan disertai kekerasan, kemudian pemerkosaan yang disertai kekerasan yang kemungkinan terencana. Jadi ada macam-macam sanksinya, ada hukuman tambahan. Ini yang seharusnya turut diakumulasi dalam vonis," tambahnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016