Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan tes narkoba bagi para pejabatnya sebagai upaya mendeteksi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.

"Ini upaya kita untuk memastikan lingkungan kampus yang sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata wakil rektor bidang umum dan kepegawaian Dr. Mohamad Hidayat Koniyo, M.Kom di Gorontalo, Sabtu.

Pelaksanaan tes narkoba dilakukan melalui pemeriksaan urine.

"Kami bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo," katanya.

Tes narkoba tersebut difokuskan pada pejabat mulai dari pimpinan universitas, lembaga, fakultas, jurusan dan program studi.

Wakil rektor bidang umum dan kepegawaian Dr. Mohamad Hidayat Koniyo, M.Kom mengatakan kegiatan tersebut merupakan langkah nyata UNG dalam mendukung program pemerintah untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi.

"UNG senantiasa berkomitmen untuk menciptakan lingkungan akademik yang aman dan sehat. Tes urine ini adalah salah satu cara untuk memastikan seluruh civitas akademika, terutama pejabat yang menjadi panutan bagi dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa bebas dari pengaruh narkoba," kata Hidayat.

Sementara, Kepala BNNP Gorontalo melalui penanggung jawab bagian umum BNNP Gorontalo Vickry Mohamad mengapresiasi langkah UNG yang berperan proaktif melaksanakan tes urine dalam upaya pencegahan narkoba di lingkungan kampus.

"Kami sangat mendukung inisiatif UNG ini. Langkah tersebut menunjukkan keseriusan institusi pendidikan dalam mendukung program pencegahan dan pemberantasan narkoba," kata Vickry.

Upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba di UNG disambut positif oleh pejabat, dengan mengikuti seluruh rangkaian tes urine sesuai dengan ketentuan dari BNNP Gorontalo.

Tes tersebut diharapkan dapat memastikan kesehatan dan keselamatan bersama, serta mendukung integritas dan kredibilitas institusi pendidikan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024