Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menyatakan dua bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan maju ke tahap verifikasi faktual.

Ketua KPU Bone Bolango Sutenti Lamuhu di Gorontalo, Rabu mengatakan, dua bapaslon tersebut masing-masing Ismet Mile dan Risman Tolingguhu dan pasangan Amran Mustapa dan Irwan Mamesa.

"Dua bapaslon tersebut dipastikan maju ke tahap selanjutnya, yakni verifikasi faktual," kata Sutenti.

Ia mengatakan hal ini berdasarkan rapat rekapitulasi hasil verifikasi administrasi perbaikan ke satu, dokumen syarat dukungan bapaslon perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2024.

Berdasarkan verifikasi administrasi, pasangan Ismet dan Risman berhasil mengumpulkan jumlah dukungan sebanyak 14.253, yang tersebar pada 17 kecamatan.

Sementara untuk pasangan Amran dan Irwan berhasil mengantongi 14.286 dukungan pada 18 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Selanjutnya verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024, yang akan dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan dibantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah masing-masing.

KPU Bone Bolango sebagai penyelenggara Pilkada, kata Sutenti, berharap pelaksanaan tahapan demi tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati setempat, dapat berjalan aman dan lancar tanpa kendala yang berarti. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024