Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) meraih medali emas pada ajang 21st ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNG Silvana Lamanda berhasil menyumbang medali emas bagi Indonesia pada ajang 21st Asean University Games digelar di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

"Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi UNG, Provinsi Gorontalo dan Indonesia," kata Rektor UNG Eduart Wolok di Gorontalo, Jumat.

Silvana meraih emas setelah berhasil mengalahkan atlet taekwondo asal Thailand, Shukamon, dalam laga final taekwondo putri nomor Kyorugi 63 kilogram.

Menurut informasi, kontingen tuan rumah Indonesia masih memimpin klasemen sementara perolehan medali.

Kontingen Indonesia berhasil mengumpulkan 84 medali emas, di antaranya disumbangkan Silvana.

Ia mengatakan perolehan prestasi tersebut suatu hasil kerja keras yang membanggakan dan akan mendorong semangat berprestasi bagi para atlet taekwondo maupun generasi muda lainnya di Gorontalo.

"Kami berharap prestasi yang berhasil diraih Silvana, dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk selalu mengembangkan potensi dan kemampuannya," katanya.

Ajang 21st Asean University Games melombakan 21 cabang olahraga, yaitu futsal, petanque, bola voli, tenis, renang, panjat tebing, 3x3 bola basket, judo, bola tangan. Selain itu, wushu, bridge, catur, atletik, bola basket, badminton, panahan, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024