Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menyebut pendistribusian logistik rampung dilaksanakan untuk lokasi terjauh untuk pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Daerah Pemilihan Gorontalo 6.

"Alhamdulillah distribusi logistik untuk PSU di daerah pemilihan Gorontalo 6 di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato telah dilakukan sejak Kamis, 11 Juli 2024. Beberapa lokasi terjauh dan harus melalui medan yang sulit telah selesai proses pendistribusian. Sisanya akan dilanjutkan hari ini termasuk pendistribusian di seluruh TPS terdekat," kata Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Divisi Teknis Penyelenggaraan Hendrik Imran di Gorontalo, Jumat.

Pendistribusian tersebut dilakukan oleh KPU kabupaten masing-masing, berkoordinasi dengan pihak keamanan baik TNI maupun Polri serta dengan instansi terkait.

Selain distribusi logistik, pembangunan TPS pun sudah rampung dilakukan.

"Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem maupun bencana alam yang rawan terjadi, pembangunan TPS dilakukan dengan melihat kondisi di lapangan agar aman dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Hendrik.

Pihaknya memastikan seluruh logistik telah diterima kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) pada Jumat (12/7).

Sosialisasi PSU pun tetap intensif dilakukan baik secara langsung maupun menggunakan beragam platform digital milik KPU.

Ia mengatakan pemilih PSU adalah semua warga yang menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024, baik yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb), maupun daftar pemilih khusus (DPK).

"Kecuali kalau kondisi seperti pemilih yang telah berubah status dari warga sipil ke TNI dan Polri, atau pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat lagi untuk memilih di PSU," katanya.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat pemilih di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato atau dapil Gorontalo 6 agar menggunakan hak suaranya dalam PSU pada Sabtu, 13 Juli 2024 untuk memilih calon anggota DPRD Provinsi Gorontalo.
 
Pembangunan TPS pada PSU dalam Pemilu Tahun 2024 untuk pemilihan calon anggota DPRD Provinsi Gorontalo dari daerah pemilihan Gorontalo 6 di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato. ANTARA/HO-KPU Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024