Pameran otomotif terbesar di Indonesia dan bahkan nomor dua di dunia setelah China Auto Show, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)) kerap dimanfaatkan oleh berbagai pabrikan untuk memamerkan kendaraan masa depan mereka dengan balutan konsep.

Dalam pameran ini, terdapat beberapa pabrikan otomotif memajang kendaraan konsep mereka dengan tampilan yang futuristik seolah cerminan ekosistem kendaraan di masa mendatang.

Suzuki eVX

Suzuki tidak ingin tertinggal dalam era elektrifikasi yang saat ini sedang menjamur di Indonesia. Pada ajang ini, Suzuki membawa kendaraan elektrik mereka melalui eVX.

Kendaraan konsep ini hadir dengan 4 wheel drive, sehingga dapat menerjang berbagai medan yang dilaluinya.

 Kendaraan ini juga dibekali dengan dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.800 mm.

 

Mobil konsep: Lexus Electrified Sport Concept pada ajang GIIAS 2024. (ANTARA/Chairul Rohman)


Lexus Electrified Sport Concept Desain

Jenama mewah dari Toyota, yakni Lexus memang kerap menghadirkan kendaraan dengan desain masa depan. Pada tahun ini, Lexus memajang Lexus Electrified Sport Concept Desain yang banyak mendapat perhatian dari para pengunjung GIIAS 2024.

Secara garis besar, mobil konsep dengan basis baterai ini terlihat mirip dengan apa yang dimiliki dengan supercar LFA besutan dari Lexus juga. Meski begitu, mobil konsep ini terlihat lebih modern berkat lekukan-lekukan yang dihadirkan untuk tubuh dari kendaraan itu.

Mobil yang sangat sporty ini, memiliki daya pikat yang cukup kuat untuk para pengunjung. Terbukti kendaraan ini tidak pernah lepas dari pandangan pengunjung yang datang pameran tersebut.


Toyota FT-3e
 

Toyota dalam pameran ini juga menghadirkan kendaraan konsep crossover battery electric vehicle (BEV). Kendaraan ramah lingkungan masa depan dari Toyota ini terlihat membawa model yang futuristik.

Model ini hadir dengan garis-garis yang tidak seagresif apa yang dimiliki oleh FT-Se. Hal itu memang sengaja dihadirkan oleh Toyota karena ingin mengedepankan kesan yang sesederhana mungkin.


Daihatsu Me:Mo
 

Daihatsu pada ajang GIIAS 2024, membawa model konsepnya yang memiliki dimensi yang mungil, yakni Daihatsu Me:mo. Di Indonesia, kendaraan ini mirip dengan Wuling Air Ev. Hanya saja, kendaraan ini memiliki disain yang lebih futuristik dibandingkan dengan Wuling Air Ev.

Mobil yang masuk ke dalam segmen kei car ini memiliki dimensi panjang 2.955 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.590 mm, dengan jarak sumbu roda 1.985 mm.

Honda Sustaina-C Concept

Mobil hadir dengan konsep yang simpel, berkat tampilan yang dihadirkan dari kap mesin dan juga bodi samping yang tidak banyak lekukan-lekukan. memang kendaraan ini diciptakan untuk area perkotaan.
 

Hyundai N Vision 74
 

Berbeda dengan pabrikan lain, Hyundai justru membawa kendaraan masa depan mereka dengan mesin yang menggunakan bahan bakar hidrogen.

Mobil ini masih dalam tahap pengujian, saat ini pihak Hyundai masih menyempurnakan model ini sebelum nantinya resmi diproduksi secara masal. Desain mobil ini, hadir dengan kesan yang retro. Sehingga berbeda dengan kendaraan konsep yang ada pada pameran ini.


Seres Aito M9
 

Pabrikan otomotif asal China, yakni Seres mengenalkan kendaraan masa depan mereka melalui Aito M9. Mobil konsep ini menurut data spesifikasi kendaraan yang diberikan perusahaan sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI).
 

SUV konsep Aito M9 berukuran panjang 5.230 mm, lebar 1.999 mm, dan tinggi 1.800 mm serta jarak sumbu roda 3.110 mm.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mobil konsep yang mejeng di pameran GIIAS 2024

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024