Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menggelar rapat kerja (raker) penyusunan data pemilih yang bersih dan berkualitas pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Kota Gorontalo Mario Nurkamiden di Gorontalo, Jumat mengatakan raker ini dalam rangka penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran, serta pembersihan data ganda internal Kota Gorontalo, untuk Pilkada serentak 2024.

"Ini adalah upaya KPU Bone Bolango untuk menyusun data pemilih yang berkualitas," kata Mario.

Ia mengatakan, pihaknya harus memastikan bahwa seluruh wajib pilih di Kota Gorontalo tidak ada yang terlewatkan saat proses pemutakhiran data pemilih.

Karena kata dia KPU Kota Gorontalo memiliki tanggung jawab penuh dalam menjamin hak warga negara dalam menyalurkan suaranya pada Pilkada serentak nanti.

Maka dari itu dikatakannya lagi, bahwa adanya setiap data pemilih yang tidak akurat atau tercecer, dapat berpotensi menjadi pelanggaran pidana pemilu, yang juga harus dihindari melalui berbagai macam upaya.

Oleh karena itu raker ini dihadiri oleh pihak-pihak terkait yakni Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perwakilan Lapas Kelas IIA, Ketua dan Anggota PPK Divisi Data, serta Anggota dan Sekretaris Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Gorontalo.

Dikatakannya lagi, bahwa pertisipasi dari semua pihak terkait ini, diharapkan dapat memastikan proses penyusunan daftar pemilih berjalan lancar dan akurat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tentunya kata dia lagi, raker ini menjadi bagian dari rangkaian persiapan KPU Kota Gorontalo dalam menghadapi Pilkada 2024, yang akan menjadi peristiwa penting untuk menentukan masa depan pemerintahan daerah Kota Gorontalo ke depan.

"KPU Kota Gorontalo siap memastikan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan transparan, adil, dan demokratis," imbuhnya.***

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024