Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Gorontalo menyatakan, sepekan menjelang bulan suci Ramadhan, stok dan harga sembilan bahan pokok (Sembako) serta bahan kebutuhan lainnya tetap aman dan stabil.

Kepala Disperindagkop Kota Gorontalo Irwan Hamzah, Senin, mengharapkan agar konsumen tidak khawatir terhadap terjadinya kelangkaan sembako dan bahan kebutuhan pokok lainnya, sebab persediaan mencukupi.

Adanya kebiasaan akan terjadi kenaikkan harga menjelang puasa, tidak perlu dirisaukan karena jika stok terjamin, kemungkinan besar pedagang tidak akan mempermainkan harga.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi adanya permainan tersebut, maka pihaknya bersama instansi terkait lainnya, telah membentuk tim untuk melakukan pemantuan harga dan ketersedian bahan kebutuhan pokok di lapangan.

"Kami terus memantau ketersedian kebutuhan pokok menjelang Ramadhan termasuk persediaan gas elpiji," Kata Irwan.

Dia mengungkapkan, pihak disperindagkop akan melaksanakan operasi pasar ke setiap kecamatan ataupun wilayah, jika mulai ada permainan yang dilakukan oknum pedagang, sehingga kenaikkan dan stok tetap terjamin.

"Pihak bulog telah menjamin stok beras dan gula pasir tetap stabil untuk kebutuhan konsumen selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Irwan.

Dia mengharapkan, konsumen untuk tidak melakukan pembelian dalam jumlah banyak ataupun borongan, sebab ini akan berdampak pada permainan harga yang dilakukan pedagang yang beakibat kerugian pada warga.

"Konsumen tdak perlu merasa khawatir sehingga melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak ataupun borongan," ujar Irwan.

Kepada masyarakat juga diminta agar segera melaporkan kepada petugas ataupun isntansi berkompeten jika menemukan adanya praktek penimbunan bahan kebutuhan pokok, baik yang dilakukan pedagang maupun distributor ataupun oknum lainnya.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016