Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menggelar adat "Tonggeyamo" atau penetapan awal ibadah puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriyah, yang diikuti langsung pejabat daerah dan tokoh agama.

Pelaksanaan adat Tonggeyamo maupun penetapan awal puasa adalah rangkaian yang wajib digelar setiap menyambut bulan suci Ramadhan, sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim, mengacu pada hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Dimana pada setiap pelaksanaan adat Tonggeyamo, para pejabat di lingkungan pemerintah daerah tersebut mengenakan baju adat "Takowa Daa".

Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango mengaku bersyukur karena pada penetapan awal Ramadhan pada tahun ini tidak mengalami perbedaan.

"Artinya semua umat Islam mulai melaksanakan puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriyah secara bersama-sama pada Senin 6 Juni 2016, sesuai hasil sidang isbat Kementerian Agama RI," kata Kilat pada acara adat Tonggeyamo di rumah Dinas Bupati (Yiladia Bupati) Bone Bolango.

Untuk itu, Wabup Kilat Wartabone atas nama pemerintah daerah, secara pribadi dan keluarga menyampaikan "Marhaban Yaa Ramadhan" dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tahun 1347 Hijriyah.

"Saya atas nama pemerintah daerah, secara pribadi dan keluarga juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Bone Bolango bila selama ini ada khilaf dan kekurangan dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah ini," ujarnya.

Kata wabup, dengan saling maaf memaafkan maka Insya Allah ibadah puasa Ramadhan akan diterima oleh Allah SWT.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016