Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo membuka pelatihan tenaga kerja mandiri program penempatan tenaga kerja melalui kegiatan pelayanan antar kerja di daerah.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Aznan Nadjamudin, Rabu mengatakan kegiatan itu merupakan program Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bone Bolango.

Ia mengatakan kegiatan pembekalan itu merupakan wujud nyata semakin meningkatnya perhatian dan kepedulian pemerintah di dalam melakukan upaya menurunkan tingkat pengangguran melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga taraf hidup mereka dapat terus meningkat dan berkelanjutan.

"Selain menambah wawasan pengetahuan dan kompetensi peserta, yang paling penting adalah keterlibatan semua pihak untuk terus mendorong peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat," ucap dia.

Aznan ingin kegiatan itu diikuti dengan sebaik-baiknya sekaligus menjadi forum berdiskusi dan bertukar pikiran pengalaman yang nantinya dapat bermanfaat bagi sesama peserta.

"Tingkatkan kerja sama dan harmonisasi hubungan antar peserta dan juga masyarakat, karena hal itu sebagai salah satu penentu dan kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis usaha yang senantiasa berkembang dan terus maju yang akan menjadi lapangan kerja bagi pencari kerja untuk meningkatkan partisipasi angkatan kerja," kata dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud menyebutkan kegiatan pembekalan itu diikuti lima kelompok usaha dengan jumlah anggota 25 orang yang terdiri dari perempuan dan generasi muda. 

"Adapun jenis usahanya adalah usaha kuliner, yang terdiri dari kelompok usaha katering hingga warung makan," kata Lukman.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024