Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus menunjukkan komitmennya, dalam menciptakan lingkungan kampus yang nyaman dan aman terkait kekerasan seksual bagi seluruh mahasiswa.

Upaya tersebut dengan memberikan edukasi, terkait Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan UNG di sela kegiatan PPKMB tahun 2024.

Materi edukasi disampaikan langsung oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) PPKS UNG Dr. Novi Usu.

Novi banyak memberikan pengetahuan mengenai berbagai bentuk kekerasan seksual, cara-cara pencegahannya, serta langkah-langkah yang harus diambil jika mereka atau orang lain menjadi korban.

Menurutnya mahasiswa baru harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup, agar dapat menjaga diri dan orang lain dari tindak kekerasan seksual.

"Kampus harus menjadi tempat yang bebas dari segala bentuk kekerasan," tukasnya.

Dengan adanya kegiatan itu, ia berharap mahasiswa baru UNG dapat lebih peka terhadap isu kekerasan seksual dan turut serta dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kasus-kasus tersebut.

“Jika mahasiswa menjadi korban pelecehan atau kekerasan seksual, harus berani melaporkan kepada tim satgas PPKS UNG. Segala bentuk laporan akan ditindaklanjuti oleh tim satgas, untuk diproses sesuai ketentuan berlaku,” jelasnya.

Edukasi akan dilakukan lebih mendalam melalui modul pembelajaran PPKS, pada mata kuliah pada semester satu atau dua yang wajib diiikuti seluruh mahasiswa baru UNG.

Melalui modul pembelajaran ini mahasiswa bisa belajar lebih banyak tentang PPKS dan akan memperoleh sertifikat dari Kementerian bagi yang sudah mengikuti. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024