Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe mengatakan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) harus dimaknai dan menjadi pemacu semangat untuk membangun daerah.

Bupati Sila Botutihe mengatakan hal itu saat menjadi inspektur upacara pada upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Sabtu.

Menurutnya sebagai penjabat bupati, banyak tugas pemerintahan dan pembangunan yang diemban selain menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024.

"Pilkada untuk memilih bupati dan wakil bupati untuk daerah ini, waktunya semakin dekat. Kita harus bersatu dan bergotong royong menjaga keamanan seluruh Wilayah daerah ini untuk mewujudkan pilkada sukses," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap momentum HUT RI dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" juga menjadi semangat baru bagi daerah tersebut untuk bersama-sama mewujudkan daerah sebagai penyanggah Ibu Kota Negara Nusantara yang ada di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, karena wilayah tersebut cukup dekat dengan Provinsi Gorontalo.

"Kita yang ada di Gorontalo Utara sangat berpeluang besar sebagai daerah penyangga di sektor ekonomi, di antaranya menjadi penyuplai sapi potong," katanya.

Dengan potensi ekonomi yang sangat luas, Sila meyakini semangat baru untuk Nusantara Baru dan Indonesia Maju termasuk mewujudkan kemajuan di wilayah pesisir tersebut dapat terwujud sesuai harapan masyarakat didukung potensi alam yang dimiliki.

Kemeriahan HUT RI di kabupaten tersebut diakhiri dengan kegiatan ramah tamah yang digelar di halaman kantor bupati yang dihadiri forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta unsur pimpinan DPRD, pimpinan lembaga dan pejabat pemerintahan daerah, juga pelajar dan aparatur sipil negara (ASN).

Bupati Sila mempersilahkan masyarakat yang ingin menyaksikan juga bersama-sama hadir dalam kegiatan ramah tamah tersebut.
Upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Gorontalo Utara berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Sabtu (17/8/2024. (ANTARA/HO-Ayis)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024