Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Gorontalo, Senin, mengatakan Rumah Sakit (RS) Ainun Habibie di daerah tersebut, akan belajar pengembangan dan mengadopsi sistem pelayanan di RS Universitas Hasanuddin, Makassar dan menuangkannya dalam nota kesepahaman.

Wagub meminta Dinas Kesehatan dan pimpinan rumah sakit Provinsi Gorontalo, untuk segera menjalin kerjasama yang lebih intens dengan rumah sakit UNHAS untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

"MoU dengan UNHAS ini adalah payung hukum untuk bekerjasama, termasuk dalam pengembangan rumah sakit Hasri Ainun Habibie. Apalagi rumah sakit UNHAS sangat representatif dengan sarana prasarana yang lengkap, modern, dan canggih," jelasnya.

Sebelumnya, Wagub meninjau langsung berbagai fasilitas rumah sakit UNHAS seperti ruangan pelayanan poli, radiologi, serta beberapa ruangan pelayanan pasien lainnya.

Diantara fasilitas yang dimiliki rumah sakit UNHAS, ia mengaku sangat mengapresiasi adanya ruang terapi tumor dan kanker yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan teknologi tinggi berbasis nuklir.

"Dengan fasilitas ini kita tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri seperti Singapura," tukasnya.

Di lokasi tersebut, Wagub bersama rombongan mendapat penjelasan dari tim dokter tentang cara kerja teknologi tersebut.

Menurutnya, di Kawasan Timur Indonesia teknologi terapi kanker dan tumor itu hanya ada di RS milik UNHAS

"Pemerintah Provinsi Gorontalo harus berani berivestasi di bidang kesehatan, untuk mengembangkan rumah sakitnya setara atau bahkan melebihi rumah sakit UNHAS. Saya yakin Pemerintah Provinsi Gorontalo pasti bisa," kata Rektor UNHAS, Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Ia menyatakan pihaknya siap membantu Pemprov Gorontalo untuk mengembangkan rumah sakit daerah.

Selain kerjasama bidang kesehatan, Pemprov Gorontalo berencana membangun sebuah taman di Kampus UNHAS.

"Kami akan segera tentukan lokasi untuk taman Gorontalo. Saya menginginkan taman inivletaknya strategis biar setiap saat kita bisa lewati dan nikmati keindahannya," kata Dwia.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016