Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo prihatin tingginya angka kemiskinan di Kecamatan Bilato, karena berkisar 46,90% dari 1.317 jumlah Kepala Keluarga (KK) diwilayah tersebut.

"Hal ini sangat memprihatinkan, jumlah penduduknya sedikit namun angka kemiskinannya tinggi," kata Bupati Nelson pada pelaksanaan bedah rencana strategi (renstra) di Kecamatan Bilato.

Namun demikian, Bupati Nelson mengaku salut dengan langkah sekaligus upaya yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan desa.

Paparan Camat Bilato Hermanto F. Asona yang mengatakan, telah memasukan langkah pengentasan kemiskinan tersebut walaupun masih sangat minim, kedalam renstra Kecamatan dinilai sangat baik oleh Bupati, dimana koordinasi yang dibangun perlu menjadi contohi kecamatan lain.

"Lewat koordinasi yang baik, maka kolaborasi program akan lebih maksimal," ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb menjelaskan, akan tujuan kunjungannya ke kecamatan sekaligus membedah renstra yang ada di masing-masing kecamatan guna meninjau langsung permasalahan yang ada.

Untuk mengkolaborasikannya dengan program pemerintah daerah yang ada di masing-masing SKPD sehingga target yang harus dilakukan benar-benar tepat.

"Selain itu, tujuan kami datang untuk meberikan penguatan Kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa akan program pembangunan berbasis kewilayahan yang sementara dirancang, juga agar masyarakat tau apa saja yang sudah dan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah saat ini," terangnya lagi.

Bupati berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa saat menyusun program lewat ADD Desa untuk pengentasan kemiskinan kiranya harus terstruktur, dimana lebih mengedepankan skala prioritas, yakni buat apa bangun jalan namun rakyatnya tetap miskin.

"Skala prioritas dimaksud yakni program yang diberikan harus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga bisa mandiri," tegasnya.

Hadir juga pada kegiatan tersebut diantaranya, Anggota DPRD Provinsi Hamdi Mayang, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio, Sladauri Kinga, Sarifudin Bano, juga para Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016