Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin meminta kontingen Gorontalo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara untuk melampaui prestasi yang diraih pada PON sebelumnya di Papua.

"Prestasi pada PON Papua kemarin harus bisa kita lewati, rangking kita juga harus lebih baik sehingga bisa mengangkat harkat dan martabat Gorontalo. Tunjukan bahwa kita bisa berprestasi dan mendapatkan medali," ucap Rudy di Gorontalo, Selasa.

Pada PON XX Papua, kontingen Gorontalo berhasil meraih dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Guna melampaui prestasi itu, Rudy yang juga pernah menjadi atlet PON XIV tahun 1996 dari DKI Jakarta, berpesan kepada seluruh atlet untuk berjuang semaksimal mungkin.

"Urusan bonus tadi saya sudah mendapat sinyal dari pak Sekda itu sudah disiapkan. Jangan berpikir macam-macam, fokus saja pada pertandingan dan meraih medali," ujar Rudy.

Kontingen Gorontalo berjumlah 124 orang. Terdiri dari 84 atlet, 32 ofisial, dan delapan orang tim pendukung. Atlet tersebut akan mengikuti pertandingan pada 18 cabang olahraga, yaitu atletik, renang, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, catur, karate, tenis meja, dan kurash. 

Cabang olahraga lainnya yang akan diikuti kontingen Gorontalo yakni ski air, biliar, bridge, kick boxing, bermotor, wushu, muaythai, e-sport, serta gate ball.

Kontingen Gorontalo yang turut didampingi oleh tim satgas, medis, pengamanan, dan media, akan diberangkatkan dalam tiga tahap. Tahap pertama sebanyak 31 atlet untuk cabang olahraga sepak bola yang akan diberangkatkan ke Aceh pada 28 Agustus 2024. 

Selanjutnya pemberangkatan tahap kedua pada 1 September 2024, dan terakhir untuk keseluruhan kontingen pada 5 September 2024. PON XXI Aceh – Sumut dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September dan ditutup 20 September 2024.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024