Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo menerima dua pasangan bakal calon yang datang melakukan pendaftaran pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota Gorontalo pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketua KPU Kota Gorontalo Mario S. Nurkamiden di Gorontalo, Selasa mengatakan pada hari pertama dibukanya pendaftaran, pasangan calon independen, Ramli Anwar dan Ana Supriyana menjadi kontestan pertama yang mendaftarkan di kantor.

"Hari ini bakal pasangan calon (bapaslon) pertama yang mendaftar yakni Ramli Anwar dan Ana Supriyana," ucap Mario.

Ia mengungkapkan, pada hari yang sama pasangan Adhan Dambea dan Indra Gobel yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKB, PKS, PSI dan Partai Buruh, juga datang ke kantor KPU untuk mendaftar.

Setelah dilakukan proses pemeriksaan dokumen administrasi, baik secara manual dan sistem informasi pencalonan kepala daerah (Silonkada), berkas pendaftaran dari kedua bapaslon dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Selanjutnya, KPU Kota Gorontalo akan melakukan penelitian, dan jika masih ada yang belum lengkap, maka pihaknya kembali akan menyampaikan kepada bakal pasangan calon untuk melakukan perbaikan dokumen yang sudah dimasukkan.

Penelitian administrasi sendiri dijadwalkan setelah dilakukan pendaftaran, yakni terhitung mulai dari tanggal 29 Agustus hingga 2 September 2024.

Untuk proses perbaikan dokumen sendiri, katanya akan dilakukan seiring berjalannya penelitian administrasi, yakni sampai tanggal 7 September 2024.

"Setelah itu bapaslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan yang akan difokuskan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aloe Saboe Kota Gorontalo, dari tanggal 31 Agustus sampai 2 September 2024," kata dia, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024