Petarung kelas welter Ultimate Fighting Championship (UFC) Shavkat Rakhmonov menantang sang juara kelas welter Belal Muhammad untuk pertarungan merebut gelar juara.

Petarung asal Kazakhstan itu mengatakan dirinya telah mendapatkan tawaran dari UFC untuk sebuah promosi melawan Belal dan ia memastikan siap untuk pertarungan tersebut.

"Namun sayangnya, dia (Belal Muhammad) menolak melawan saya karena masalah waktu. Ia belum siap mempertahankan sabuknya saat itu. Jadi kita lihat saja apa yang akan terjadi dan kapan pun dia akan siap, saya siap melawannya," ujar Rakhmonov sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA fighting di Jakarta, Sabtu.

Sebelum menjadi juara dan setelah memenangkan sabuk juara, Belal mengatakan bahwa dia akan menjadi juara yang aktif dan akan lebih sering mempertahankan sabuk. Rakhmonov
​​​​​​​menganggap Belal tidak konsisten dengan ucapannya karena sampai saat ini belum siap bertarung melawannya.



Belal merebut gelar seberat 170 pon dengan kemenangan mutlak atas Leon Edwards di acara utama UFC 304 di Manchester pada Juli 2024 lalu.

Setelah itu, Rakhmonov yang saat ini menduduki peringkat ketiga kelas welter dalam MMA Fighting Global Rankings dikabarkan menjadi lawan berikutnya. Namun, perhatian Belal justeru tertuju pada mantan juara Kamaru Usman.

Rakhmonov memiliki rekor 18-0 sebagai pemain profesional dengan 18 kemenangan, termasuk hasil 6-0 di dalam oktagon. Dalam pertandingan terbarunya, “Nomad” mengalahkan penantang gelar dua kali Stephen Thompson di putaran kedua UFC 292 pada Desember 2023 lalu.

Sejak itu, Rakhmonov telah memulihkan diri dan bersiap untuk peluang kejuaraannya. Petarung berusia 29 tahun itu memastikan dirinya siap mendapat kartu kuning untuk pertarungan melawan Belal sesegera mungkin atau jika tertunda hingga tahun 2025, ia mengaku dengan senang hati menunggu.

​​​​​​​"Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan Belal dan dia akan siap saat ini. Kalau mereka bilang Desember, Januari, saya akan siap," ujarnya.

Ia melanjutkan, "Kalau dibilang April, Mei, tidak masalah. Saya sudah layak untuk bertarung memperebutkan sabuk tersebut. Saya sudah mengamankan tempatnya dan saya akan memastikan bahwa saya siap untuk bertarung. Jadi, kapan pun dia siap, saya ikut".



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rakhmonov tantang Belal bertarung di UFC: Kapan pun dia siap

Pewarta: Aloysius Lewokeda

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024