Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kecamatan Tilango menjadi pusat perayaan tradisi tahunan Tumbilotohe (malam pasang lampu) di Kabupaten Gorontalo yang digelar tiga hari sebelum Lebaran.

Pantauan ANTARA, sepanjang jalan utama hingga lorong-lorong dipasangi lampu minyak tanah dan lampu listrik.

Selain itu, ornamen tradisonal juga dapat ditemui disepanjang jalan di Kecamatan Tilango, seperti arkus, dan tebu yang digantung, maupun lampu minyak tradisional seperti Padamala dan Tohetutu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat meninjau langsung lokasi tersebut, Minggu, mengatakan dengan dana yang terbatas, namun secara efisien Kecamatan Tilango mampu menampilkan suguhan lampu minyak yang indah.

"Walaupun memiliki sumber daya yang terbatas, namun kreatifitas dari warga Tilango sangat luar biasa, ada 5000 lampu minyak yang ditampilkan disini," ucapnya.

Menurut dia, dari variasi lampu botol dan beragam jenis kerajinan yang ditampilkan, oleh karena itu, Telaga cs, dan Kecamatan Tilango yang masuk didalammnya dicanangkan menjadi kecamatan ekonomi kreatif.

"Tumbilotohe adalah budaya masyarakat Gorontalo tiap bulan suci ramadhan, karena ditempat lain tidak ada, oleh karena itu harus selalu dijaga dan dikembangkan," ungkap Bupati Nelson.

Nelson berharap, pada tahun mendatang, pemasangan lampu minyak Tumbilotohe dapat dikreasikan dengan bambu agar tidak monoton dan lebih inovatif.

Bupati juga berharap, Kecamatan Tilango yang menjadi wakil Kabupaten Gorontalo pada lomba festival Tumbilotohe tingkat Provinsi Gorontalo dapat menjadi juara pertama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata kebudayaan dan Kominfo (Disparbudkominfo) Kabupaten Gorontalo, Aziz Nurhamidin mengatakan, kecamatan Tilango pada tahun ini dipilih menjadi perwakilan Kabupaten Gorontalo pada lomba tingkat Provinsi.

"Kami menampilkan banyak unsur adat yang telah menjadi tradisi pada festival Tumbilotohe di Kecamatan Tilango, selain itu setiap halaman rumah maupun pinggiran jalan dipasangi lampu minyak dan juga arkus," katanya.

Aziz juga menambahkan, agar telihat lebih indah dan menarik bagi masyarakat maupun wisatawan, sepanjang jalan Kecamatan Tilango dipasangi lampu listrik warna warni agar lebih semarak." tutupnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016