Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menggelar pagelaran pentas demokrasi dalam seni dan olahraga serta pengetahuan tentang pemilu sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024.

Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Selasa mengatakan pentas demokrasi digelar untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada serentak baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati.

"KPU memiliki tanggung jawab besar dalam mengkampanyekan pelaksanaan pilkada khususnya hari pemungutan suara pada 27 November nanti. Maka kami merasa perlu melakukan beragam upaya di antaranya melalui pagelaran pentas demokrasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih," kata Sofyan.

Pentas demokrasi dalam seni dan olahraga tidak hanya melibatkan seluruh pemangku kepentingan maupun penyelenggara namun masyarakat pemilih juga diharapkan ikut serta hadir dan menyemarakkan kegiatan tersebut dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

Jalan sehat, senam bersama, pentas seni hingga cerdas cermat demokrasi melibatkan masyarakat luas termasuk pemilih pemula digelar. Khusus di ibu kota kabupaten tersebut, diawali dengan jalan sehat bersama dimulai dari lapangan hijau Leboto Kecamatan Kwandang hingga di halaman kantor KPU setempat.

"Kami berharap pentas demokrasi yang digelar menjangkau 11 kecamatan, akan membangkitkan semangat masyarakat dalam partisipasi menyukseskan pilkada dengan menggunakan hak suara di hari pemungutan suara nanti," kata Sofyan pula.

Pentas demokrasi tersebut dihadiri Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe dan seluruh pejabat di lingkungan pemerintahan daerah, termasuk para camat.

Juga dihadiri para bakal pasangan calon yang telah mendaftar dalam pilkada, penyelenggara pemilu baik panitia pemilihan kecamatan (PPK) hingga panitia pemungutan suara (PPS) serta diawasi langsung pihak Bawaslu kabupaten dan jajarannya.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024