Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meluncurkan inovasi pelayanan dokumen kependudukan yang diberi nama 4 in 1.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bone Bolango Budiyanto Sahabu, Senin, menjelaskan inovasi 4 in 1 tersebut merupakan pengembangan inovasi sebelumnya 3 in 1.

Budiyanto mengatakan, pada tahun 2016 yang lalu pihak Disdukcapil Bone Bolango telah meluncurkan inovasi 3 in 1 yang diluncurkan langsung Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh.

"Pada saat itu pasien di RSUD Toto Kabila bisa langsung mengurus dan mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga, dan akta kematian tanpa harus datang lagi ke kantor," ucap dia.

Untuk inovasi baru 4 in 1 kata dia arahan dari Bupati Merlan S. Uloli untuk dikembangkan dimana pasien bisa langsung mengurus akta kelahiran, kartu identitas anak, kartu keluarga dan akta kematian di RSUD Toto Kabila.

Ia menjelaskan, sebagai komitmen memperlancar layanan inovasi 4 in 1 tersebut pihaknya telah menempatkan dua orang petugas di RSUD Toto Kabila yang akan menjadi operator dan petugas pencatatan.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli merasa bersyukur dengan lahirnya inovasi tersebut. Menurutnya hal itu semakin melengkapi ragam pelayanan terbaik yang diberikan kepada pasien di RSUD Toto Kabila.

"Kemarin juga kita sempat meluncurkan inovasi SI MAMA dan hari ini sebagai pelengkapnya lahir lagi inovasi 4 in 1," ujar Merlan.

Merlan menilai, layanan dokumen kependudukan untuk pasien sangat penting sebagai tanda pengenal sekaligus perlindungan.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024