Utusan Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfied menyebut pembunuhan aktivis Turki-Amerika Aysenur Ezgi Eygi oleh penembak jitu Israel di Tepi Barat sebagai tragedi mengerikan, serta mengatakan Washington akan menuntut Israel untuk memberikan rincian investigasi.

Dengan mengungkapkan kemarahannya dan Presiden AS Joe Biden atas pembunuhan Aysenur Ezgi Eygi, Thomas-Greenfield mengatakan dalam sidang Dewan Keamanan PBB pada Senin (16/9) bahwa "tidak seorang pun seharusnya mempertaruhkan nyawanya hanya karena menghadiri protes."

"Tragedi mengerikan ini seharusnya tidak terjadi," katanya, seraya menambahkan bahwa AS akan menuntut rincian lebih lanjut dan akan terus menuntut akses atas investigasi Israel serta mendesak pertanggungjawaban mengenai situasi yang menyebabkan kematian Eygi.

Dia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman Eygi.

"Kematiannya, seperti kematian banyak orang lainnya selama setahun terakhir, sangat tragis dan tidak perlu," katanya.

“Kita tidak boleh bersikap masa bodoh terhadap penderitaan manusia, tidak peduli siapa pun dan di mana pun penderitaan itu terjadi,” tambahnya.

Sebelum kematiannya, Eygi pergi ke Tepi Barat yang diduduki untuk mendukung aksi kelompok perlawanan Palestina terhadap pendudukan Israel, menurut Gerakan Solidaritas Internasional.

Pada 3 September, ia pergi untuk mengamati protes di kota Tepi Barat Beita di Nablus untuk menentang permukiman ilegal Israel di sana.

Gerakan itu melaporkan pada 6 September bahwa Eygi sengaja menjadi sasaran dan dibunuh oleh penembak jitu Israel yang berdiri di atap gedung di dekatnya.

Para saksi mata melaporkan bahwa Eygi ditembak di kepala oleh penembak jitu, ketika berada jauh dari area protes. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit Palestina, tetapi nyawa sang aktivis tidak terselamatkan.

Pada Kamis (12/9), Turki memulai penyelidikan atas pembunuhan tersebut berdasarkan hukum domestik.

Pemeriksaan otopsi menemukan bahwa peluru masuk melalui area telinga bawahnya.


Sumber: Anadolu




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AS akan tuntut Israel beri rincian investigasi pembunuhan aktivis Eygi

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024