Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memastikan pihaknya akan menurunkan demo kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) dalam rangka perayaan HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

"Kami akan menyiapkan baik demo darat, peserta upacara, dan demo udara juga," kata Tonny saat ditemui di kawasan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat.

Untuk demo kekuatan udara, pihaknya akan mengerahkan 148 pesawat TNI AU. Mereka akan terbang menunjukkan manuver tempur kepada para peserta upacara yang hadir di Monas.

Tidak hanya dari TNI AU, Tonny memastikan alutsista udara dari TNI AD dan TNI AL juga akan ikut "unjuk gigi" dalam demo HUT ke-79 TNI di Monas.



"Dari AL ada 15 pesawat dan AD ada 18 pesawat sehingga total semua ada 181 pesawat yang akan demo udara," kata Tonny.

Namun demikian, Tonny tidak menjelaskan jenis pesawat apa yang akan diturunkan TNI AU dalam demo tersebut. Dia juga tidak menjelaskan jenis manuver udara apa yang akan ditampilkan nanti.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-79 TNI telah dilakukan sejak Jumat (20/9) malam yakni pentas seni wayang yang akan digelar di Monas. Keesokan harinya, TNI akan membuka pameran alutsista atau Matra Fair yang juga akan digelar di Monas.

Pada minggu (21/9), rangkaian perayaan HUT ke-79 TNI akan dilanjutkan dengan kegiatan Panglima Run yang akan digelar di sepanjang jalur Car Free Day Jalan MH Thamrin.

Puncak perayaan akan terjadi pada Sabtu (5/10) dengan digelarnya upacara HUT TNI yang diikuti oleh kegiatan parade Alutsista.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AU siapkan demo kekuatan alutsista saat acara HUT TNI di Monas

Pewarta: Walda Marison

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024