Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo bersama Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) setempat menggelar lomba Islami sebagai rangkaian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Gorontalo.

Kepala LPKA Gorontalo Erik Murdiyanto di Gorontalo Selasa mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh 15 anak binaan itu bertujuan untuk meningkatkan pembinaan agama, dan digelar selama dua hari.

"Kami ingin menilai, memberikan evaluasi dalam sebuah lomba dan melihat sejauh mana peningkatan kemampuan anak binaan yang telah dibimbing oleh Kemenag Kota Gorontalo," katanya.

Erik menaruh harapan agar anak binaan di LPKA Gorontalo tersebut dapat bermanfaat di tengah masyarakat ketika mereka bebas nanti, dan menjadi manusia yang mandiri.

"Karena mereka adalah aset menuju Indonesia Emas 2045," katanya.

Sementara itu, penyuluh agama dari Kemenag Kota Gorontalo Nurjannah mengatakan, lomba Islami tersebut menjadi ajang penampilan anak-anak binaan setelah mengikuti latihan.

Lomba Islami tersebut meliputi lomba tata cara wudhu, doa wudhu, adzan, hingga melafalkan ayat suci Al Quran.

Melalui lomba tersebut LPKA Gorontalo ingin melatih dan mengembangkan kemampuan anak binaan, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap Agama Islam, serta sebagai sarana evaluasi keberhasilan program pembinaan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024