Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BSIP) Gorontalo melakukan pendampingan pada UMKM Helco Melati yang bergerak di bidang produksi minyak kelapa di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala BSIP Gorontalo Sumarni Panikkai, Senin mengatakan Helco Melati adalah binaan awal BSIP Gorontalo dalam penerapan standar minyak kelapa dan selanjutnya mendapatkan dukungan dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo berupa rumah produksi dan peralatan pengolahan minyak kelapa modern.

"Beberapa peralatan modern yang kini digunakan di antaranya adalah mesin pengupas sabut kelapa, mesin terpadu parut dan pengepres santan, mesin mixer, vacuum oil, paket mesin pengisi minyak, serta alat pengemasan," ucap Sumarni usai kunjungan ke UMKM itu, Senin.

Ia mengatakan bahwa dengan penggunaan peralatan modern tersebut, proses produksi di UMKM Helco Melati menjadi lebih cepat dan efisien. 

"Peralatan ini memungkinkan peningkatan kapasitas produksi dan kualitas produk yang lebih baik. Kami berharap UMKM seperti Helco Melati dapat terus berkembang dengan penerapan standar pertanian yang lebih baik, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas," ujar Sumarni.

Pemilik UMKM Helco Melati Caning Latawa menyampaikan apresiasi nya atas pendampingan dari BSIP Gorontalo. 

"Dengan peralatan baru ini, kami tidak hanya mampu meningkatkan jumlah produksi, tetapi juga menjaga kualitas minyak kelapa yang kami hasilkan. Proses produksi menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan sebelumnya," ucap dia.

Kunjungan BSIP itu merupakan bagian dari program BSIP Gorontalo untuk mendorong penerapan standar pertanian di sektor UMKM, khususnya dalam meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas hasil pertanian. 

Diharapkan melalui program tersebut, UMKM di Gorontalo dapat semakin maju dan berdaya saing tinggi.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024