Pembalap uji coba Yamaha yang turun sebagai wildcard pada MotoGP Jepang, Remy Gardner, menilai motor telah mengalami peningkatan terlepas dari hasil P18 pada balapan Sprint di Sirkuit Motegi, Sabtu (6/10).

Dikutip dari keterangan resmi Yamaha, Minggu, Gardner memulai Sprint dari P23. Ia memiliki tujuan utama mengumpulkan data guna mempercepat pengembangan motor untuk tahun 2025.

Pembalap bernomor 87 itu menyelesaikan kontes di posisi ke-18. Memulai dari posisi ke-23 di grid, Gardner mendapati dirinya berada di belakang Alex Rins untuk sebagian besar sesi Sprint.

Namun, di pertengahan balapan, pembalap Australia itu tetap tertinggal. Karena tidak dapat bertarung dengan pembalap lain, ia fokus pada ritmenya dan mengumpulkan data yang bagus.

Beberapa kecelakaan oleh peserta lain membuat pembalap uji Yamaha itu finis di posisi ke-18, dengan margin 32,620 detik dari pemimpin balapan.

“Pada akhirnya, kami banyak mengalami peningkatan hari ini. Saya masih kurang percaya diri dengan motor dan pemahaman tentang ban. Namun saya cukup senang dengan kualifikasi, dan balapan Sprint hingga pertengahan balapan berjalan sangat baik,” kata Gardner.



Pemimpin Tim Uji Balap Yamaha Kazutoshi Seki mengatakan, tim menggunakan sesi Grand Prix Jepang kemarin untuk mengumpulkan data lebih lanjut dan menganalisis komponen prototipe.

“Sesi hari ini penting bagi tim penguji. FP2 memungkinkan kami mengumpulkan lebih banyak data pengujian, dan Sprint sangat penting karena memberi kami data pertama dari pengaturan ‘mirip balapan’ untuk item prototipe,” ungkap Seki.

“Itu adalah balapan Sprint yang sulit bagi Remy karena ia mencoba berbagai hal pada motornya hari ini dan juga karena kondisi lintasan terus berubah. Tim berusaha menemukan keseimbangan yang baik antara komponen uji yang baru, sementara Remy berusaha membiasakan diri dengan 'motor baru' dengan set-up baru setiap kali ia keluar ke lintasan,” imbuhnya.

Sementara itu, MotoGP Jepang masih akan bergulir pada Minggu Minggu (6/10) pada pukul 12.00 WIB untuk balapan utama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Meski finis P18 di Sprint, Gardner sebut Yamaha alami peningkatan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024