Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menggelar rapat koordinasi dalam rangka pembahasan penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb).

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Ahad, mengatakan bahwa penyusunan DPTb tingkat Kabupaten Bone Bolango ini dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango 2024.

"Persiapan tahapan penyusunan DPTb adalah hal yang penting dalam penyelenggaraan pilkada. Ini harus dipersiapkan dengan teliti," ucapnya.

Sebelumnya, pihaknya telah melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024.

Pada rapat kali ini, pihaknya lebih menekankan kepada PPK dan PPS divisi data bahwa mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang bersifat kolektif kolegial.

Menurut Sutenty, PPK dan PPS yang membidangi divisi data mempunyai kewajiban untuk menginformasikan kepada petugas lainnya terkait dengan segala sesuatu yang didapatkan dari rapat-rapat yang telah diikuti sebelumnya.

Hal itu, lanjut dia, bertujuan untuk menghasilkan kesepahaman mengenai mekanisme ataupun aturan-aturan yang menjadi pedoman dalam menyusun DPTb, serta agar tersampaikan secara menyeluruh ke rekan-rekan PPK dan PPS lainnya.

Selain jajaran KPU setempat, rapat itu diikuti oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bone Bolango, serta panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) yang membidangi divisi data pemilih se-Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024