Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Berdasarkan analisis Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), didapati pemilih tertua di Provinsi Gorontalo berusia 111 tahun, tinggal di Desa Pancakarsa, Kabupaten Pohuwato, kata anggota KPU Provinsi Gorontalo, Verrianto Madjowa.

Dari DP4 menunjukkan, pemilih yang berusia 90 tahun ke atas didapati berjumlah 862 orang, dengan rincian di Kabupaten Gorontalo 366 orang, di Kota Gorontalo 81 orang, Bone Bolango 124 orang, Boalemo 88 orang, Pohuwato 95 orang dan Gorontalo Utara 108 orang.

"Sementara untuk pemilih dibawah 17 tahun dan telah menikah sebanyak 126 orang," kata Verrianto.

Meskipun demikian, melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan dibentuk bulan ini juga, akan melakukan pencocokan dan penelitian di lapangan, apakah orang-orang tersebut benar-benar ada atau bisa saja sudah meninggal.

Ia menuturkan juga, sesuai perencanaan tahapan dan program, untuk petugas PPDP ini akan dilakukan bimbingan teknis pada tanggal 5 September nanti, agar kearutan data pemilih dilapangan benar-benar terverifikasi.

"Untuk pemilih berkebutuhan khusus, tercatat sebanyak 1.902 jiwa, yang tersebar di Kabupaten/Kota,"jelasnya.

Sementara itu untuk di Kabupaten Boalemo, yang juga akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, didapati pemilih yang berumur kurang dari 17 tahun dan telah menikah sebanyak 27 orang dan disabilitas 186 orang.

Sementara data melalui DP4, dimana total pemilih di Provinsi Gorontalo sebanyak 813.640 orang, terdiri dari laki-laki 405.480 orang dan perempuan 408.160 orang. 

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016