Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Belasan penyelam yang terdiri dari wisatawan dan penyelam lokal, yang tergabung dalam "Tomini Diving Centre" menggelar upacara sumpah pemuda ke-85 di perairan Desa Biluhu, Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, Senin.

Para penyelam tersebut mengibarkan bendera dan membentangkan spanduk berisi sumpah pemuda di kedalaman laut 15 meter.

Dengan kondisi alam yang cerah dan perairan yang tenang, upacara tersebut dilakukan selama 25 menit tanpa kendala berarti,

"Selain untuk kampanye kelestarian terumbu karang, kami juga ingin mengajak para pemuda Indonesia mencintai dan menjaga tanah air ini dengan segala kemampuan yang dimiliki," kata seorang pemandu penyelam dan instruktur di Gorontalo, Wawan Iko.

Menurutnya, kecintaan terhadap bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, dan salah satunya adalah mendedikasikan diri untuk menjaga laut dan biotanya dari "penjajahan" orang yang tidak bertanggungjawab.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Zoya mengungkapkan kecintaan terhadap laut mampu menumbuhkan nasionalisme dalam jiwa seorang penyelam.

"Kami berkomitmen melindungi kekayaan laut Indonesia, yang merupakan andalan atau aset bangsa ini," tandasnya.

Para wisatawan tersebut memilih Gorontalo sebagai tujuan penyelaman, karena terumbu karangnya yang masih terjaga, titik penyelaman yang mudah diakses serta tarif yang murah dibanding daerah lainnya.

Selain Biluhu, Gorontalo memiliki titik penyelaman yang unik dengan terumbu karang jenis Salvador Dali berukuran raksasa di Taman Laut Olele Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta: Oleh Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013