Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango bersama Kepolisian Resor (Polres) setempat, sepakat membentuk kawasan aman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Kerja sama ini diharapkan untuk mewujudkan masyarakat yang aman dari berbagai gangguan kamtibmas, dan menjadi pembelajaran penting bagi masyarakat untuk saling mendukung program pemerintah," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Kesepakatan itu dituangkan melalui penandatanganan kesepakatan dengan Kapolres Bone Bolango AKBP Wahyu Tri Cahyono dengan Bupati Bone Bolango, dan disaksikan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Hengkie Kaluara, bertempat di halaman Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Kecamatan Bone, Selasa (4/10).

Bupati mengapresiasi kesepakatan ini, karena nantinya dapat dijadikan acuan bersama dalam pelaksanaan tugas penyelenggaraan terhadap kawasan aman gangguan Kamtibmas di wilayah itu antara Polres dan Pemkab.

Kapolres Wahyu Tri Cahyono mengatakan nota kesepahaman pembentukan kawasan aman gangguan Kamtibmas merupakan gagasan Kapolda Brigjen Gorontalo dan merupakan program unggulan.

Di mana masing-masing kecamatan menunjuk satu desa untuk dijadikan `pilot project` sebagai kawasan yang aman.

"Di kawasan ini nantinya aktivitas Polisi maupun instansi lainnya ditingkatkan, baik itu patroli maupun pelayanan lainnya," katanya.

Sementara Kapolda Gorontalo menjelaskan kawasan aman gangguan Kamtibmas ini merupakan salah satu bagian dari program Polmas, guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah kawasan tersebut.

Program ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh perizinan, meningkatkan upaya peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat di dalam lingkungan kawasan dengan melakukan berbagai kegiatan dilaksanakan secara bersama-sama.

Lanjut Kapolda, dengan terbentuknya kawasan aman gangguan Kamtibmas ini dapat memberikan manfaat yang lebih bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Sehingga ke depan Polda dapat melanjutkan program kawasan aman gangguan Kamtibmas di desa-desa lain, guna mewujudkan Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Bone Bolango yang bermartabat, aman dan kondusif serta masyarakatnya senantiasa sejahtera," katanya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016