Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan meningkat tahun 2017, kata Kepala Dinas Sosial setempat Sufrizal Yusuf, Kamis.

Berdasarkan hasil pemutakhiran data tahun 2016, menunjukkan kenaikkan jumlah penerima PKH mencapai 50 persen, sehingga untuk tingkat kabupaten, keluarga miskin penerima bantuan sosial tersebut akan naik sebanyak 5.000 penerima dari 2.577 penerima tahun 2016 ini.

Sedangkan di Kecamatan Kwandang atau pusat kabupaten, juga ikut mengalami peningkatan penerima sebanyak 617, sehingga diprediksi menjadi 1.236 penerima keluarga miskin.

Proses pembayaran PKH di kabupaten ini dengan total Rp919 juta tersebar di 123 desa di 11 kecamatan, sementara berlangsung di mulai dari Kecamatan Kwandang, Ponelo Kepulauan dan Tomilito, selama tiga hari.

Pembayaran tidak hanya terfokus di kantor pos namun dilakukan di komunitas-komunitas penduduk terpusat di kantor desa.

PKH tahun 2016 telah memasuki tahap tiga pembayaran, dimana pemerintah daerah setempat mengambil kesempatan untuk menyerahkan secara perdana kepada keluarga miskin penerima.

Bupati Indra Yasin menyerahkan pembayaran di kantor pos unit Kwandang dan Wakil Bupati Roni Imran menyerahkan di kantor Molingkapoto.

Yurni, salah satu penerima PKH berharap penyaluran tersebut konsisten dilakukan pemerintah hingga ia dan keluarganya naik status atau keluar dari kemiskinan, minimal enam tahun setelah menjadi pemanfaat dalam program ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016