Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo memberikan kemudahan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, untuk mengakses data kependudukan demi keperluan validasi jelang Pilkada.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango, Rudi Iriawan, mengatakan, kemudahan tersebut itu hanya diberikan setelah KPU mendapat izin dari Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

"Namun akses yang diberikan hanya sebatas membuka dan memvalidasi atau mencocokan data saja. Melihat kebenaran NIK dan itu sudah menjadi kesepakatan KPU dan Pemkab Bone Bolango," jelas Rudi.

Sementara untuk akses mengubah status elemen data dan status lainnya, Rudi mengatakan itu tidak dibenarkan dalam kesepakatan. Untuk mencegah itu terjadi, akses masuknya sudah dikunci oleh petugas.

Dengan begitu bisa dijamin tidak ada kecurangan data pada saat pesta demokrasi atau pilkada di Provinsi Gorontalo maupun Bone Bolango.

"Yang bisa masuk mengakses data juga tidak sembarangan orang, hanya dibagian divisi data saja yang kami beri izin masuk," ucapnya.

Kerja sama ini diakui Rudi, sudah berlangsung pada tahun 2016 ini dan mendapat banyak apresiasi dari KPU Provinsi Gorontalo dalam hal kemudahan akses.

"Harapanya agar kesepakatan ini bisa memberikan kemudahan bagi KPU. Karena ini juga perintah dari pemerintah pusat," tuturnya.

Tambahnya, saat ini data kependudukan Kabupaten Bone Bolango yang di "database" hingga September 2016 sudah sebanyak 160.895 jiwa. ***2***

(T.KR-SSK/B/H013/H013) 21-10-2016 10:43:06

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016