Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Forum Komunitas Hijau (FKH) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menutup seluruh kegiatan, dan mengumumkan seluruh pemenang lomba dalam "Festival Hijau" yang digelar dalam beberapa minggu terakhir.

Bendahara FKH, Sri Sutarni Arifin, Senin, mengatakan Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan menjadi pemenang pertama lomba kantor hijau, yang diikuti Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB, dan Bappeda.

Lomba band hijau berhasil diraih Band Wentira, Vivaldi dan Kota Jin.

Sementara untuk kategori sekolah hijau pemenangnya tingkat SMP adalah SMP Negeri 2, SMPN 8 dan SMPN 3, sedangkan tingkat SMA diraih SMAN 2, SMKN 3 dan SMAN 3.

Selain itu, panitia juga menyelenggarakan lomba Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dimenangkan oleh Kelurahan Huangobotu, pemenang kedua dan ketiga masing-masing adalah Kelurahan Dulalowo Timur dan Heledulaa Selatan.

Koordinator FKH, Rahman Dako mengatakan penilaian lomba RTH meliputi tutupan vegetasi, proporsi RTH dan lahan, keragaman tanaman dan estetika taman yang dibangun.

"Untuk RTH, tutupan vegetasi sebaiknya di atas 30 persen dari luasan lahan. Kami berharap lomba ini bisa menambah jumlah RTH di Kota Gorontalo. Jika dari 50 kelurahan yang ada, 20 diantaranya membangun RTH itu sudah lumayan," jelasnya.

Saat ini jumlah RTH milik publik di wilayah itu sebesar 565, 78 hektare dan RTH privat 13,41 hektare.

Untuk mendorong bertambahnya RTH privat, FKH dan Pemkot juga bekerjasama untuk melakukan pembibitan pohon pelindung yang hasilnya dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Pada tahun 2015, keduanya menggelar Festival Hijau dengan sejumlah kegiatan yang sama dan menggaet grup musik Navicula, yang dikenal dengan lagu-lagu terkait kampanye lingkungan.

Festival tersebut merupakan bagian dari kampanye untuk melestarikan lingkungan, untuk mendorong masyarakat aktif menghijaukan lingkungan di sekitarnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016