Gorontalo, (Antara Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Bolango optimistis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2013 bisa tercapai.

"Target PAD tahun 2013 lebih besar dari PAD tahun 2012 lalu sebesar Rp12,7 miliar. Diharapkan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mampu memgoptimalkan capaian PAD itu," kata Anggota Komisi III DPRD Bone Bolango Sofyan Wahidji, Senin.

Pihak DPRD mendukung langkah pemkab setempat yang telah mengambil kebijakan untuk mendorong penerimaan daerah, serta pengelolaan semua potensi yang ada.

Seperti upaya desentralisasi fiskal dalam pengelolaan retribusi galian C, jika sebelumnya pengelolaan itu ditangani oleh Dinas Kehutanan dan Pertambangan dan Energi, maka sekarang ini pengelolaan pungutan galian C di limpahkan ke pemerintah kecamatan.

"Itu merupakan terobosan yang menurut saya positif untuk mendorong penerimaan PAD," ujar Sofyan.

Sofyan menambahkan, dengan dikelola oleh pemerintah kecamatan maka potensi pertambangan utamanya galian C akan tergarap dengan optimal.

Sekalipun demikian, dia berharap ada sumber PAD lain yang mampu mendorong pencapaian target agar lebih maksimal lagi. ( Wahiyudin Mamonto )

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013