Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terus berupaya keluar dari ketertinggalan pembangunan di semua bidang, karena saat ini daerah itu masih berstatus tertinggal.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Selasa, mengatakan, pemerataan pembangunan di semua bidang dan semua wilayah merupakan program prioritas utama pemerintah kabupaten saat ini.

Kabupaten itu terdiri dari 11 kecamatan tersebut, memanjang dari wilayah timur Kecamatan Atinggola hingga ke wilayah barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Kecamatan Tolinggula, dengan garis pantai sepanjang 317 km.

Terdiri dari 123 desa, 78 desa diantaranya berada di kawasan pesisir dan 49 desa masih berstatus desa tertinggal.

"Makanya, kabupaten yang ada di bagian utara Provinsi Gorontalo ini, benar-benar masih tergolong daerah tertinggal," ujar Bupati Indra.

Beragam upaya dilakukan pemerintah daerah kata dia, agar kabupaten yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati Roni Imran tersebut akan keluar dari ketertinggalan, diantaranya dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi mikro maupun makro.

Seperti pembangunan di sektor kesehatan, dengan meningkatkan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainal Umar Siddiki, dimana tahun anggaran 2016 lalu berhasil merealisasikan pembangunan ruang rawat inap maupun fasilitas instalasi penting lainnya, melalui kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp4 miliar.

Selain itu, pemerintah daerah meningkatkan fasilitas infrastruktur yang akan menunjang pembangunan sektor pertanian, seperti bendungan di Desa Deme II dengan anggaran mencapai Rp2 miliar bersumber dari dana alokasi umum (DAU).

Serta peningkatan jalan Motilango-Helumo melalui DAK sebesar Rp1,4 miliar yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah industri Kecamatan Anggrek, ditambah program pemeliharaan jalan Ilomata Kecamatan Atinggola dengan anggaran sebesar Rp1,4 miliar yang diharapkan mendorong pergerakan akses pertanian dan perkebunan serta peternakan.

Pembangunan yang secara bertahap dan merata tersebut kata Bupati Indra, diharapkan terus mendorong pertumbuhan perekonomian lokal untuk memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017