Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh mengatakan secara umum dan khusus kondisi sosial politik di daerah itu jelang pelaksanaan pemungutan suara 15 Februari 2017, dalam kondisi aman dan kondusif.

Dihadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gubernur menjelaskan bahwa kondisi keamanan Gorontalo tetap stabil dan dari pihak KPU serta Bawaslu menegaskan juga jika tahapan pilkada berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"KPU baik Provinsi Gorontalo yang menggelar pemnilihan gubernur mapun KPU kabupaten Boalemo yang menggelar pemilihan bupati, serta Bawaslu, sudah memaparkan tahapan pelaksanaan Pilkada," kata Zudan.

Sementara juga dari pihak Kepolisian, sudah menjamin kesiapan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kondisi Gorontalo, khususnya kabupaten Boalemo, hingga puncak pemungutan suara nanti, begitu juga dari TNI sudah siap mendukungan pengamanan jalannya tahapan Pilkada.

Selain itu, pihak kepolisian terus memantau pergerakan pihak-pihak yang mengancam kondisi keamanan di Gorontalo, khususnya di Kabupaten Boalemo yang sempat memanas dan terjadi kericuhan pada Senin (16/1). Jadi siapapun yang bertindak melawan negara akan diambil tindakan tegas.

"Tidak boleh ada perbuatan melawan hukum, dalam rangka penyelenggaraan Pilkada dan jalanya pemerintahan daerah," jelasnya.

Sesuai penjelasan dari pihak KPU Boalemo bahwa tahapan berjalan terus, dan dalam waktu dekat ini mereka akan melaksanakan debat kandidat calon Bupati dan wakil Bupati setempat.

"Untuk tahapan Gubernur, sesuai penjelasan dari KPU Provinsi Gorontalo bahwa sejauh ini sudah pada tahapan pencetakan surat suara," ujar Zudan.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017