Jakarta, (ANTARAGORONTALO) – Bagi John Riady, Direktur BeritaSatu Media Holdings, kesuksesan seseorang dalam dunia usaha tidak hanya didukung oleh pendidikan hingga keluar negeri.

Disebutnya, pendidikan dapat ditempuh dimana saja, sebab kesuksesan harus didukung oleh karakter masing-masing orang.

Dikatakannya lagi, jika memiliki karakter yang baik, meski bersekolah di manapun, baik itu dalam negeri pasti akan sukses.

Bahkan ia meyakini, orang yang melanjutkan pendidikan di luar negeri belum tentu lebih sukses dari yang belajar dari dalam negeri jika tidak memiliki karakter yang baik.

"Menurut saya, kunci kesuksesan itu pada karakter. Mereka yang dari kalangan sederhana yang tidak belajar di luar negeri akan sukses jika berkarakter," kata John yang menjadi pembicara pada program "The Ultimate Experience Talk Show has Return" yang bertemakan "Agent of Action Creativeprenuer Conner 2017" di Jakarta, belum lama ini.

John menambahkan, kesuksesan dalam berusaha juga harus didukung oleh kepekaan melihat perubahan ekonomi global. Dalam hal ini, perubahan teknologi memberi dampak sangat besar bagi dunia usaha.

Karena itulah, John berpendapat, agar perusahan tetap bertahap dan tidak tertinggal harus dapat memanfaatkan perubahan teknologi.

Dijelaskan dia, dalam sejarah ekonomi dunia, ada titik dimana pertumbuhan ekonomi akan anjlok atau mengalami peningkatan yang sangat besar.

Saat ini dinilainya merupakan waktu tepat untuk para pengusaha atau yang tertarik dunia usaha berkarya dengan melihat perubahan teknologi.

Meski demikian, John menyarankan, dalam dunia usaha, berinvetasi harus mempertimbangkan produk tersebut menguntungkan dan berdampak langsung pada konsumen atau tidak. Sebab berinvestasi harus melihat strategi.

Ia mengaku, berinvestasi pada usaha yang berkembangan sesuai perubahan teknologi seperti "Grab" dilakukannya karena bisnis baru transportasi ‘online’ tersebut berdampak langsung bagi konsumen.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017