Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Calon Gubernur dan wakil Gubernur (Cagub-cawagub) Gorontalo Rusli Habibie-Idris Rahim, unggul sementara berdasarkan hasil "data entry" scan formulir C1 plano, pada website resmi KPU RI.

Dari data tersebut, pasangan petahana yang diusung Partai Golkar dan Demokrat ini, cagub Rusli-Idris menempati urutan pertama suara terbanyak dengan hasil 326,033 suara atau 50,65 persen.

Sementara terbanyak kedua adalah pasangan Hanna Hasanah-Tonny Junus nomor urut 1, dengan hasil 166,431 suara atau 25,86 persen, dan pasangan nomor urut 3 Zainuddin Hasan-Adhan Dambea 151,201 atau 23,49 persen.

Dari data tersebut juga diperoleh perbedaan hasil antara pasangan nomor urut 2 dengan nomor urut 1 selisih 159,602 suara, sementara antara nomor urut 2 dan nomor urut 3 selisih 174,832.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa yang membidangi divisi perencanaa dan data menjelaskan bahwa, entry data scan C1 plano ini baru selesai 100 persen malam tadi, dengan total TPS 1.979, yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota se-Provinsi Gorontalo.

"Target ini meleset dari perencanaan awal yang seharusnya selesai pada pukul 00.00 wita pada hari pemungutan suara, namun ada satu kecamatan yaitu Kecamatan terpencil Pinogu di Kabupaten Bone Bolango baru bisa menginput data pada pukul 02.00, mengingat lokasinya cukup jauh yang ditempuh dalam 9 jam berjalan kaki," kata Verrianto.

Sementara untuk Kabupaten Boalemo, baru menyelesaikan scan c1 plano pukul 22.00 tanggal 16 Februari 2017, dan ini sudah jauh dari target perencanaan, namun ia juga berterimakasih kepada kabupaten/kota lainya yang telah menyelesaikan penginputan data entry scan C1 plano yang sudah sesuai jadwal.

Ia mengingatkan bahwa hasil data berdasarkan entry formulir C1 plano ini bukanlah akhir dari perhitungan perolehan hasil suara pilkada Gorontalo, akan tetapi hanya sebuah bentuk keterbukaan kepada publik.

"Hasil akhir akan ditentukan berdasarkan pleno secara berjenjang mulai di tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi," ujarnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017