Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) – Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di daerah diharapkan segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan organisasi dan meningkatkan soliditas, caranya dengan menambahkan jabatan bendahara dan sekretaris di susunan organisasinya.

Alasan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakhrulloh, adalah agar organisasi para pegawai negeri itu tidak kaget jika dipaksa untuk berada di luar kedinasan. Selain itu agar organisasi pegawai pemerintah tersebut menjadi kuat karena mampu membiayai sendiri kegiatan organisasinya.

"Jadi saat kita berada di luar kedinasan, pengurus Korpri di daerah tidak kaget lagi, nanti akan saya buat surat untuk susunan organisasi yang baru," kata Zudan saat memberi pengarahan kepada 16 pejabat humas pemerintah provinsi dalam Forum Bakohumas di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Zudan mengharapkan dalam organisasi Korpri di daerah harus ditegaskan antara pengurus sekretariat dan pengurus organisasi. Pengurus Sekretariat Korpri terdiri dari antara lain kepala sekretariat dan kepala bagian keuangan akan mengelola dana dari pemerintah yang berasal dari anggaran pendapatan belanja negara maupun daerah.

Sementara pengurus organisasi yang terdiri dari ketua dan jajarannya termasuk sekretaris dan bendahara menurut Zudan akan mengelola uang yang dihasilkan Korpri sendiri. Dengan demikian saat organisasi itu berada di luar kedinasan tidak limbung karena kaget harus membiayai diri sendiri.

"Dasar hukumnya itu adalah pasal 126 ayat 3 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. Pasal itu mempersilakan Korpri atau Korps Profesi Aparatur Sipil Negara Indonesia menyelenggarakan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya,"jelasnya.

Karenanya dewan pengurus Korpri di daerah baik provinsi, kabupaten maupun kota dipersilakan membuat kreasi usaha yang bisa membiayai organisasi.

Setidaknya mengikuti cara yang dilakukan Dewan Pengurus Korpri Nasional yaitu dengan membuka Korprimart di setiap kantor tempat sekretariat korps itu berada.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017