Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou secara perdana melepas ekspor berbagai jenis ikan melalui Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Inengo, Desa Huangobotu, ke Taiwan.

Ekspor perdana satu kontainer ikan ke Taiwan melalui "Cold Storage" Bone Bolango merupakan kerja sama Pemkab Bone Bolango dengan CV. Indomina Cipta Sejahtera, Kamis (23/2).

"Hanya berkisar dua bulan setelah saya resmikan pada 24 Desember 2016 keberadaan Cold Storage ini, ternyata sudah bisa menghasilkan ekspor perdana ikan ke Taiwan," ujar Bupati.

Adapun berbagai jenis ikan yang diekspor itu yakni ikan layang, kembung, deho, dan bandeng.

Bupati mengatakan, Pemkab Bone Bolango akan mendukung sepenuhnya upaya-upaya dari investor yang berbisnis di sektor perikanan dalam rangka memaksimalkan potensi kelautan dan perikanan yang ada dan tersedia di perairan itu.

Melihat potensi perikanan di Kabupaten Bone Bolango yang luar biasa ini, tentu ini juga akan menggerakkan perekonomian daerah, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan juga akan berimplikasi terhadap penerimaan hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Karena itu, lanjut Bupati, ke depan pihaknya akan terus mendorong dan mengusahakan bagaimana keberadaan Cold Storage ini bisa menghasilkan ikan untuk diekspor secara kontinyu.

Ke depan tentu juga akan mendorong armada kapal-kapal ikan di sini harus lebih banyak lagi dan bisa menyuplai ke Cold Storage di Kabupaten Bone Bolango, bahkan yang ada di Provinsi Gorontalo.

Bupati mengungkapkan, Pemkab Bone Bolango yang bekerjasama dengan investor CV. Indomina Cipta Sejahtera tidak hanya mengekspor ikan layang, kembung, deho, dan bandeng ke Taiwan. Tapi dalam beberapa hari lagi pihaknya juga akan melakukan ekspor perdana ikan nike (Duwo) ke Prancis, Kanada, dan Singapura.

"Semoga ekspor ikan nike ini tidak akan mengurangi tingkat kebutuhan ikan nike di Gorontalo. Tapi bisa bermuara untuk meningkatkan nilai tambah, supaya masyarakat juga mendapat keuntungan yang luar biasa dan lebih bagus dari kegiatan ekspor tersebut," tandasnya lagi. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017