Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan survei simulasi akreditas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MM Dunda Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Direkutr RSUD MM Dunda, Mohammad Natsir saat menyambut tim KARS berharap, proses survei berjalan lancar dan memperoleh hasil memuaskan.

"Harapan kami adalah RSUD MM Dunda sebagai rumah sakit menjadi rujukan regional serta dalam rangka pencapaian kerja sama dengan BPJS pada tahun 2019," kata Natsir.

Ia menjelaskan, sasaran survei rumah sakit adalah keselamatan pasien, pelayanan pasien, keluhan maupun resiko pelayanan diharapkan tidak terjadi.

"Pada�intinya akreditas ini aman buat petugas, aman buat lingkungan, aman pasien dan aman buat keluarga pasien sehingga layanan kepada pasien dapat terjamin," jelasnya.

Natsir menambahkan, hal-hal yang dinilai di antaranya kepuasan pelayanan pasien, hak pasien, keluarga, tempat bedah, sikap petugas rumah sakit, termasuk tempat tidur pasien dan hal lainnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Ayuba Hida, saat membuka survei simulasi itu menyampaikan, pihaknya menyadari untuk mengukur mutu pelayanan rumah sakit, akreditasi salah satu acuannya.

"Akreditasi menjadi alat untuk mengukur mutu pelayanan rumah sakit sesuai dengan standar prosedur operasional, standar pelayanan medis dan standar asuhan keperawatan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit yang memiliki orientasi pada kepentingan dan keselamatan pasien, demi tercapainya Six Goals Patient Safety," ungkapnya.

Ayuba menegaskan, tercapainya Six Goals Patient Safety antara lain, ketepatan identifikasi pasien, meningkatkan komunikasi yang efektif, meningkatkan kewaspadaan terhadap obat-obatan High alert, tepat lokasi, tepat prosedur dan tepat pasien operasi dan pengurangan infeksi akibat pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Yang paling penting dari akreditasi ini adalah, RSUD MM Dunda dari waktu ke waktu semakin baik dari segi institusi dan infratsukturnya, sumber daya manusianya semakin cerdas, sehat dan berkarakter serta bisa memberikan pelayanan yang lebih sempurna dan manusiawi kepada seluruh masyarakat," pungkas Ayuba.

Kepada tim surveyor, Ayuba berharap banyak untuk dapat memberikan konsultasi yang tak pernah putus, agar RSUD MM Dunda dapat lebih baik lagi untuk meningkatkan mutu layanan, sehingga dapat sejajar dengan mutu pelayanan rumah sakit-rumah sakit negara maju.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017