Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo resmi mengoperasionalkan kantor unit layanan terpadu perizinan bidang kelautan dan perikanan di Kota Gorontalo, guna memudahkan nelayan dalam perizinan usaha tangkap ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo pada peresmian kantor pelayanan itu, Selasa, mengatakan, ada beberapa jenis layanan perizinan yang dikeluarkan hanya lewat satu atap ini, diantaranya adalah Surat Layak Operasi (SLO), surat persetujuan berlayan dari pihak Syahbandar, termasuk surat kesehatan berlayar bagi nelayan.

Ke depan pemprov akan perluas lagi kantor pelayanan ini untuk Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato serta kabupaten Bone Bolango.

Ini sengaja dilakukan sebagai upaya dari pemerintah tidak hanya dinas kelautan namun semua pihak terkait, untuk memudahkan masyarakat dan mendekatkan jarak, serta efisiensi waktu dalam pelayanan perizinan oleh nelayan.

"Semoga dengan hadirnya kantor pelayanan satu atap ini, dapat memudahkan nelayan di daerah," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya kaitanya dengan perizinan yang dikeluarkan pihak Syahbandar, kantornya berada di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, begitu juga dengan SLO yang harus diurus di Kelurahan Leato, Kecamatan Dumboraya, Kota Gorontalo.

"Tempat ini terpisah dan cukup jauh dan pusat kegiatan nelayan, sehingga kami berupaya agar bagaimana pelayanan kepada masyarakat dimudahkan," jelasnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Syahbandar dan semua pihak terkait bentuk kerja sama demi efisiensi pelayanan kepada nelayan di Gorontalo.

Pada kesempatan itu juga dinas Keluatan dan Perikanan menyerahkan bantuan mobil pendingin ikan yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk pengolah hasil perikanan sehingga mutunya tetap terjaga.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017