Gorontalo, (ANTARA) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou memaparkan pengelolaan keuangan dan pengembangan ekonomi daerah di hadapan Wakil Menteri (Wamen) Keuangan Prof Mardiasmo, saat mengikuti sosialisasi kebijakan pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2017.
     
Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan "knowledge sharing" keberhasilan kepala daerah yang digelar Kementerian Keuangan RI di Grand Clarion Convention and Hotel Makassar, Kamis (23/3) serta diikuti oleh 470 peserta.

Hamim menceritakan pengamalan tentang praktek yang baik dalam pengelolaan keuangan dan pengembangan ekonomi daerah.

Lebih khusus terkait pengelolaan keuangan daerah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dibidang pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Saya sempat tidak dianggap, karena latar belakang profesi dari wartawan," ungkap Hamim.

Secara spesifik Hamim menjelaskan berbagai terobosan inovasi kebijakan pendukung lain yang menyentuh kepentingan Rakyat Miskin terus digulirkan.

Diantaranya Pendidikan dan kesehatan gratis sejak tahun 2012, bantuan bergulir 5.000 ekor sapi, 8.050 unit hunian pantas.

Kemudian pembangunan infrastruktur dasar dan penunjang mulai dari desa hingga kecamatan dan pusat pemerintahan, telah menciptakan berbagai pertumbuhan ekonomi hingga melahirkan pusat-pusat kawasan tumbuh.

Di bidang pertanian, Hamim mengambil kebijakan pertanian non kimia. Kecamatan dan desa yang dahulu terisolir, kini berbasis energl terbarukan.

Membangun sentra-sentra kopi organik pinogu dan olahan gula aren yang produknya sudah dikenal hingga eropa. Tumbuhnya 22.119 Usaha Mikro Kecil Menengah, elektrifikasi berbasis energi terbarukan telah mencapai 92 persen.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017